Perencanaan Tata Ruang dan Pertanahan



Program Studi dari Fakultas Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro ini merupakan Jurusan atau Program Studi baru yaitu Perencanaan Tata Ruang dan Pertanahan yang merupakan gabungan antara jurusan Perencanaan Wilayah Kota dan jurusan Pertanahan , Prodi ini juga di ubah menjadi D4 dan bukan D3 lagi yang nantinya akan menjadi lulusan D4 yaitu S-Tr yang merupakan Sarjana Terapan.









Pengertian Perencanaan Tata Ruang (Planologi)

Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota atau biasa dikenal dengan Planologi adalah sebuah program studi yang mempelajari dasar-dasar perencanaan, morfologi kota, perpetaan, struktur tanah, transportasi, serta desain. Selain ilmu-ilmu mengenai keteknikan, juga dipelajari ilmu sosial ekonomi perkotaan. Berbeda dengan jurusan Arsitektur Lanskap yang lebih mengutamakan sisi keindahan dan estetika lokasi, Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota lebih mempertimbangkan aspek sosial, ekonomi, dan politik dalam pembangunan. Lulusan sarjana Teknik Planologi yang biasa disebut sebagai planner, nantinya akan memiliki kompetensi untuk melakukan perencanaan sebuah kota, menentukan tata guna lahan, sistem transportasi, serta mengatur aktivitas-aktivitas yang ada di dalamnya. Sebagai contoh, di sebuah kota terdapat berbagai macam komponen fisik seperti wilayah perkantoran, pemukiman, industri, sistem transportasi, dll. Serta disisi lain juga terdapat komponen non-fisik seperti kemacetan, kepadatan penduduk, dll. Seorang planner harus menguasai semua aspek tersebut untuk dapat melakukan perencanaan yang baik sesuai dengan karakteristik wilayah yang ada.


Pengertian Pertanahan

Ilmu tanah adalah pengkajian terhadap tanah sebagai sumber daya alam. Dalam ilmu ini dipelajari berbagai aspek tentang tanah, seperti pembentukan, klasifikasi, pemetaan, berbagai karakteristik fisik, kimiawi, biologis, kesuburannya, sekaligus mengenai pemanfaatan dan pengelolaannya. Tanah adalah lapisan yang menyeliputi bumi antara litosfer (batuan yang membentuk kerak bumi) dan atmosfer. Tanah menjadi tempat tumbuh tumbuhan dan mendukung kehidupan hewan dan manusia.
Ilmu tanah dipelajari oleh berbagai bidang ilmu pengetahuan, seperti ilmu-ilmu keteknikan (rekayasa), agronomi/pertaniankimiageologigeografiekologibiologi (termasuk cabang-cabangnya), ilmu sanitasiarkeologi, dan perencanaan wilayah. Akibat banyaknya pendekatan untuk mengkaji tanah, ilmu tanah bersifat multidisiplin dan memiliki sisi ilmu murni maupun ilmu terapan.
Ilmu tanah dibagi menjadi dua cabang utama: pedologi dan edafologi. Pedologi mempelajari tanah sebagai objek geologi. Edafologi, atau ilmu kesuburan tanah, mempelajari tanah sebagai benda pendukung kehidupan. Keduanya menggunakan alat-alat dan sering kali juga metodologi yang sama dalam mempelajari tanah, sehingga muncul pula disiplin ilmu seperti fisika tanah, kimia tanah, biologi tanah (atau ekologi tanah), serta ilmu konservasi tanah. Karena tanah juga memiliki aspek ketataruangan dan sipil, berkembang pula disiplin seperti mekanika tanah, pemetaan (kartografi), geodesi dan survai tanah, serta pedometrika atau pedostatistika. Penggunaan informatika juga melahirkan beberapa ilmu campuran seperti geomatika
(sumber:https://id.wikipedia.org/wiki/Ilmu_tanah)


Mata Kuliah 

Konsentrasi Perencanaan Tata Ruang



Konsentrasi Pertanahan



Comments

  1. Mohon maaf sebelumnya saya mau tanya, Jurusan PTRP ini bisa utk anak IPS atau hanya anak MIPA saja ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya jurusan ini kanmemang di rumpun ipa, tapi setau saya untuk undip bisa lintas jurusan.. cmiiw

      Delete
  2. Apakah dijurusan ini diharuskan pandai menggambar?

    ReplyDelete
  3. prospek kerja jurusan ini apa kak?

    ReplyDelete
  4. Prospek kerja di jurusan ini apa?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Aplikasi untuk Perencanaan Wilayah Kota dan Pertanahan

Apa sih yang dipelajari di keilmuan Perencanaan Wilayah dan Kota?