Apa sih yang dipelajari di keilmuan Perencanaan Wilayah dan Kota?




Perencanaan Wilayah Kota (PWK) yang sebelumnya lebih dikenal dengan Teknik Planologi ,merupakan salah satu program studi yang berkaitan dengan banyak bidang ilmu lain, baik ilmu perteknikan maupun sosial ekonomi.
Program studi atau jurusan Perencanaan Wilayah Kota (PWK) ini mempelajari tentang dasar dari perencanaan, morfologi kota, perpetaan, struktur tanah, transfortasi, serta selain pelajaran Teknik jurusan ini juga mempelajari tentang suatu pertimbangan aspek sosial, ekonomi, politik, dan pembangunan.
               Lulusan Teknik ini nantinya biasa disebut sebagai seorang Planner ,yang memiliki kompetensi untuk melakukan perencanaan sebuah kota, menentukan tata guna suatu lahan, sistem transportasi, serta mengatur aktivitas aktivitas yang ada didalam nya.
               Sebagai contoh, misalnya pada sebuah area kota, di dalam area tersebut terdapat banyak hal yang harus dipahami oleh seorang planner . Misalnya saja pada area tersebuat terdapat komponen fisik berupa persawahan, pertokoan, perumahan, dsb. Sedangkan di sisi lain terdapat komponen-komponen non fisik, misalnya kemacetan, kepadatan penduduk, dsb. Jika seorang planner tidak memahami semua hal tersebut, maka tidak akan dapat membuat perencanaan yang baik. Dengan perencanaan yang tidak baik, akan dihasilkan suatu kondisi area yang tidak baik pula. Karena itulah, di PWK diajarkan banyak hal seperti hitungan, ekonomi, sosial, kelembagaan, politik, lingkungan, dan fisik. Perencanaan secara umum diperlukan untuk menciptakan kondisi masa mendatang yang lebih baik lagi; jadi tidak hanya sekedar membangun fisiknya saja.

Comments

Popular posts from this blog

Aplikasi untuk Perencanaan Wilayah Kota dan Pertanahan

Perencanaan Tata Ruang dan Pertanahan