Aplikasi untuk Perencanaan Wilayah Kota dan Pertanahan

Pengertian GIS

GIS atau Geographic Information System adalah aplikasi pengolahan data spatial dengan menggunakan sistem komputerisasi dengan menggabungkan antara data grafis dengan data atribut obyek menggunakan peta dasar digital (basic map) bergeoferensi bumi. Saat ini GIS berkembang pesat dan banyak diimplementasikan disegala bidang seperti pendidikan, kesehatan, geografi, cuaca, kependudukan, jaringan perpipaan dan lain-lain. Pada dasarnya GIS menampilkan dan memberikan percepatan data-data yang diinginkan oleh pengguna dimana terdahulu hanya menggunakan metode manual namun saat ini menggunakan metode digital (Komputerisasi).
GIS atau Geographic Information System adalah aplikasi pengolahan data spatial dengan menggunakan sistem komputerisasi dan peta dasar digital (basic map) bergeoferensi bumi.(sumber:https://rizaldicaprio.wordpress.com/tim-gis/)

ArcGIS

Arcgis adalah salah satu software yang dikembangkan oleh ESRI (Environment Science & Research Institue) yang merupakan kompilasi fungsi-fungsi dari berbagai macam software GIS yang berbeda seperti GIS desktop, server, dan GIS berbasis web. Software ini mulai dirilis oleh ESRI Pada tahun 2000. Produk Utama Dari Arcgis adalah Arcgis desktop, dimana arcgis desktop merupakan software GIS professional yang komprehensif dan dikelompokkan atas tiga komponen yaitu : Arcview(komponen yang focus ke penggunaan data yang komprehensif, pemetaan dan analisis), Arceditor (lebih fokus ke arah editing data spasial) dan Arcinfo (lebih lengkap dalam menyajikan fungsi-fungsi GIStermasuk untuk keperluan analisis geoprosesing).
Arcgis meliputi perangkat lunak berbasis Windows sebagai berikut:
  • Arcreader, yang memungkinkan pengguna menampilkan peta yang dibuat menggunakan produk Arcgis lainnya;
  • Arcgis desktop, memiliki lima tingkat lisensi:
    • Arcview, yang memungkinkan pengguna menampilkan data spasial, membuat peta berlapis, serta melakukan analisis spasial dasar;
    •  Arcmap adalah aplikasi utama untuk kebanyakan proses GIS danpemetaan dengan komputer. Arcmap memiliki kemampuan utama untuk visualisasi, membangun database spasial yang baru, memilih (query), editing, menciptakan desain-desain peta, analisis dan pembuatan tampilan akhir dalam laporan-laporan kegiatan. Beberapa hal yang dapat dilakukan oleh Arcmap diantaranya yaitu penjelajahan data (exploring), analisa sig (analyzing), presenting result, customizing data dan programming
    • Arceditor, memiliki kemampuan sebagaimana Arcview dengan tambahan peralatan untuk memanipulasi berkas shapefile dab geodatabase;
    • Arcinfo, memiliki kemampuan sebagaimana Arceditor dengan tambahan fungsi manipulasi data, penyuntingan, dan analisis.
    • Arccatalog , tool untuk menjelajah (browsing), mengatur (organizing),
      membagi (distribution) mendokumentasikan data spasial maupun metadata dan menyimpan data – data SIG. Arccatalog membantu dalam proses eksplorasi dan pengelolaan data spasial. Setelah data terhubung, Arccatalog dapat digunakan untuk melihat data. Bila ada data yang akan digunakan, dapat langsung ditambahkan pada peta. Seringkali, saat memperoleh data dari pihak lain, data tidak dapat langsung digunakan. Data tersebut mungkin masih perlu diubah sistem koordinat atau proyeksinya, dimodifikasi atributnya, atau dihubungkan antara data geografis dengan atribut yang tersimpan pada tabel terpisah. Pada saat data siap, isi dan struktur data sebagaimana halnya perubahan-perubahan yang dilakukan, harus didokumentasikan. Berbagai aktivitas pengelolaan data ini dapat dilakukan menggunakan fasilitas yang tersedia padaArccatalog. (sumber:
      http://tentangsoftwarearcgis.blogspot.com/2016/07/pengertian-arcgis.html)

QuantumGIS (QGIS)

Quantum GIS (QGIS) adalah sebuah aplikasi Geographical Information System (GIS) sumber terbuka dan lintas platform yang dapat dijalankan di sejumlah sistem operasi termasuk Linux. QGIS juga memiliki kemampuan untuk bekerjasama dengan paket aplikasi komersil terkait. QGIS menyediakan semua fungsionalitas dan fitur-fitur yang dibutuhkan oleh pengguna GISs pada umumnya. Menggunakan plugins dan fitur inti (core features) dimungkinkan untuk menvisualisasi (meragakan) pemetaan (maps) untuk kemudian diedit dan dicetak sebagai sebuah peta yang lengkap. Penguna dapat menggabungkan data yang dimiliki untuk dianalisa, diedit dan dikelola sesuai dengan apa yang diinginkan.

Konversi ke format internal khusus tidak diperlukan untuk melihat (viewing) maupun menggabungan (overlaying) data yang berasal dari format-format lain yang berbeda. Quantum GIS mendukung banyak tipe format termasuk yang banyak digunakan dan didukung oleh pustaka OGR library, digital elevation models, landsat imagery dan aerial photography.

Antarmuka yang ramah pengguna membantu pengguna dalam pembuatan peta, menjelajahi data spatial secara interaktif memanfaatkan beraneka tools seperti overview panel, spatial bookmarks, vector diagram overlay and layering. Pengguna dapat membubuhkan label hak cipta di peta hasil buatannya sebagai proteksi, menambahkan balok skala (scale bar) termasuk directional arrow guna meningkatkan kemudahan menyimak peta tersebut.

Quantum GIS mendukung penggunaan "GPS tools" untuk menggunggah (upload) atau mengunduh (download) data langsung ke unit GPS. Pengguna juga dapat mengkonversi format-format GPS ke format GPX atau melakukan import dan export terhadap data format GPX yang ada.

Andaikan pengguna memiliki sebuah web server yang telah terpasang fitur UMN MapServer, pengguna dapat menpublikasi map di internet untuk berbagi (sharing) dengan pengguna lainnya.

Quantum GIS didukung oleh komunitas online di OSGeo yang menyediakan disamping kode sumbernya (source code) juga fasilitas pemantau kutu (bug tracker). Seperti sebuah proyek open source pada umumnya, tersedia dukungan bagi pengguna atau pengembang langsung via wiki, berkomunikasi di forum situs OSGeo termasuk melalui blog yang tersedia.

Distro aplikasi GIS umumnya telah menyertakan QGIS, namun untuk versi terkini aplikasi QGIS (v. 1.5 rilis 2010-07-29) pengguna dapat mengunduh langsung dari situs QGIS.

QGIS adalah AOSA (Aplikasi Open Source Alternatif) yang layak digunakan sebagai padanan atau pengganti program aplikasi seperti ArcGIS yaitu sebuah aplikasi GIS untuk desktop Windows berikut software ArcEditor, ArcGIS help system dan Esri Data and Maps.(Sumber:http://gudanglinux.blogspot.com/2010/10/quantum-gis-sistem-informasi-geografi.html)

AutoCAD


AutoCAD adalah sebuah perangkat lunak komputer CAD untuk menggambar 2 dimensi dan 3 dimensi yang dikembangkan oleh Autodesk. Keluarga produk AutoCAD secara keseluruhan adalah software CAD yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. AutoCAD digunakan oleh para insinyur sipilland developersarsitekinsinyur mesindesainer interior dan lain-lain. Format data asli AutoCAD terbagi menjadi dua yaitu DWG dan yang lebih tidak populer format data yang bisa dipertukarkan (interchange file format) DXF, secara de facto menjadi standar data CAD. Sekarang ini AutoCAD sudah mendukung format DWF, yaitu sebuah format yang diterbitkan dan dipromosikan oleh Autodesk untuk mempublikasikan data CAD.
AutoCAD saat ini hanya berjalan disistem operasi Microsoft. AutoCAD secara khusus dibuat untuk Windows dan biasanya versi AutoCAD terbaru mendukung versi Windows terbaru dan mungkin beberapa versi windows pendahulu, seperti windows xp, windows 7, windows 8, dan yang terbaru windows 10. Walaupun begitu ada beberapa alternatif CAD yang digunakan di OS Linux seperti Draftsight, Briscad, Caduntu, dan BRL-CAD. Versi untuk Unix dan Macintosh sempat dikeluarkan tahun 1980-an dan 1990-an, tetapi kemudian tidak dilanjutkan. Ada versi kompatibel untuk komputer Macintosh yang dirilis, namun pada tahun 2010 Autodesk mengumumkan bahwa mereka akan sekali lagi mendukung Apple Mac OS X dengan merilis AutoCAD 2012. AutoCAD masih bisa berjalan di emulator seperti Virtual PC atau Wine. AutoCAD dan AutoCAD LT tersedia dalam bahasa Inggris, Jerman, Perancis, Italia, Spanyol, Jepang, Korea, Tionghoa Sederhana, Tionghoa Tradisional, Rusia, Ceko, Polandia, Hongaria, Brasil, Portugis, Denmark, Belanda, Swedia, Finlandia, Norwegia dan Vietnam.(Sumber:https://www.asdar.id/pengertian-autocad-beserta-sejarah-fungsi-dan-kegunaannya-dalam-kehidupan-arsitek/)
ENVI

ENVI (The Environment For Visualizing Images) merupakan suatu sistem pengolahan citra digital penginderaan jauh yang revolusioner dibuat oleh Research System, Inc (RSI). Sekarang ENVI terbaru versi 4.8 memberikan fitur dan fungsionalitas lebih mempermudah alur kerja dan mengurangi waktu untuk pengolahan citra digital penginderaan jauh dan analisis. ENVI 4.8 berintegrasi dengan GIS yang dapat mempermudah menyadap informasi terkini dari citra digital penginderaan jauh dengan memberikan alat analisis citra digital penginderaan jauh secara langsung dari lingkungan ArcGIS. Fungsi terbaru ENVI dapat menampilkan data LIDAR dan dapat secara langsung menggabungkan data penginderaan jauh lain dengan data LIDAR.
Kegunaan lain ENVI dirancang untuk berbagai kebutuhan spesifik yang menggunakan data penginderaan jauh dari satelit dan pesawat terbang. ENVI menyediakan data visualisasi yang menyuluruh dan analisa untuk citra dalam berbagai ukuran dan tipe, semuanya dalam suatu lingkungan yang mudah dioperasikan dan inovatif untuk digunakan.
ENVI menggunakan a Graphical User Interface (GUI). Format data raster dan Ascii (text) sebagai header file. Data raster disimpan sebagai ‘binary stream of bytes’ berupa format Band Sequential (BSQ), Band Interleaved by Pixel (BIP) dan Band Interleaved by Line (BIL). ENVI juga mendukung berbagai tipe format lainnya seperti : byte, interger, long interger, floating-point, double-precision, complex,dan double-precision complex.(sumber:http://www.citrasatelit.com/envi-pengolah-data-penginderaan-jauh/)



Comments

Popular posts from this blog

Perencanaan Tata Ruang dan Pertanahan

Apa sih yang dipelajari di keilmuan Perencanaan Wilayah dan Kota?